Konservasi RKI

Selamat malam, aku mau ngeshare pengalaman konservasi di Merapi untuk yg kedua kalinya :))

Beberapa hari yang lalu, aku diajak mas Lukman buat ikut konservasi di Deles Meu, Merapi bareng anak RKI (Rumah Konservasi Indonesia). Acaranya Sabtu 10jan2015 jam 7 pagi. Berhubung temen2 ARWACALA berangkat sore karena harus sekolah, aku tetep ikut mas Lukman berangkat jam 7 pagi (read:mbolossekolah).

Sabtu pagi, aku berangkat menuju caravan lalu sekitar pukul 8 aku dan mas Lukman berangkat menuju Deles. Sekitar pukul set.10 kita sampai dibasecamp desa Tegalmulyo. Dirumah Bapak yang gak aku tau namanya, udah dimulai materi. Aku dan mas Lukman langsung gabung. Pertama ada penjelasan 14 Materi Dasar Konservasi. Dilanjut dengan sharing bareng ‘bocah’ SMA N 2 Klaten (Riska, Lina, Ika, Indah) yang sedang melakukan penelitian di Pegunungan Seribu Gunungkidul tentang Karst. Lalu dilanjutkan dengan materi AVES oleh mbak Ayuk. Ada yang gak tau AVES? burung burungg πŸ˜€ untuk kali ini materinya fokus ke jenis-jenis Elang. Duh makin cinta sama burung deehh, wkwk. Setelah itu ada materi tentang PRIMATA oleh Indah kalo gak salah,hehe. PRIMATA yang sering dikenal sebagai monyet/kera πŸ˜€ teruusss materi yang bikin aku terwowwow, yaitu tentang Kucing Besar oleh Riska. Percaya gak sih kalo Harimau Jawa panjangnya sekitar 2-3 m? hihi aku sedikit gak percaya sih, tapi mau gak mau aku harus percaya meskipun masih terbingungkan apakah Harimau Jawa masih ada atau sudah punah? Entah kenapa, aku tiba-tiba jadi ngrasa ini bukan seperti Umi yang ngantukan dikelas,hehe. Hari itu, umi bener-bener brubahm rajin nulis, semangat mendengarkan dan membayangkan, tanpa ngantuk sedikitpun πŸ˜€ semoga nular sampe aku pulang besok deh yaa(doaku waktu itu) tapi kenyataannya? aku tadi disekolah udah tidur 2x men -_- oke lupakan. Setelah istirahat sebentar dilanjut materi Metode-metode yang nantinya bakal dipraktekin diLapangan. Belum selesai Metode Transek, aku diajak keluar sama mas Alu buat mempelajari dan mraktekin cara menghitung diameter katup pohon, terus nanti ngejelasin ke anak-anak lain. Hahah dan ternyata itu ribet sekali, belum sempat aku dan mas Yadi paham, anak-anak yang lain udah keluar dan berpencar entah kemana. Namun aku disini dan kau disana, eh salah maksutku aku disini tetep memahami dan mencerna rumus yang njlimet dan aneh ini. Berkali-kali mas Yadi nelpun mas lupa namanya, hehe-_-. Semenit kemudian gerombolanku tukeran sama gerombolan yang lagi memahami Point Count. Belum ada lima menit ya, aku disuruh mas Alu ngejelasin ke gerombolan itu, ya tentang diameter itu, dan aku malah ngejelasin kalo rumus itu sedikit gak masuk akal, wkwk. Sepintas ada obrolan tentang tanaman dan kegunaannya, dan aku cuma bisa diem coiy :/ Nah akhirnyaaa makan juga, jangan salah sangka, meskipun kita diGunung tapi kita makannya masih pake nasi dengan piring dibawahnya, meskipun makan ditengah2 pertigaan, hehe maeman hasil masakan para lelaki bujangan πŸ˜€ selesai maka kita istirahat sebentar, sempet ada percakapan aku dan mas Alu tentang konservasi, yeah aku minat konservasi, dan pas ditanya aku pengen spek apa, aku njawab kalo aku suka yang terbang-terbang πŸ˜€ kamu suka capung? suka suka πŸ™‚ yauda pelajari capung besok ada blablabla..wee aku seneng πŸ™‚ dan trus dilanjut materi Bipolareng. Setelah itu kita kelapangan dengan berkelompok dua orang dua orang cewek cowok, tapi ya tapi jodohnya masih jauh disana, akhirnya aku sama Mbak Riska anak UNS. Kita mulai berjalan, berjalan setapak demi setapak memasuki hutan, dan dingin mulai datang. Namun tak terasa, malam pun datang dan kita berdua masih asyik menjalankan kegiatan. Tak lupa aku menengok keatas melihat jutaaan bahkan milyaran bintang, sayangnya aku tak melihat mbulan. Subhanallah, untuk pertama kalinya aku ngliat kumbang terbang bersinar, apik tenin rek πŸ˜€ hehehe. Akhirnya aku dan mbak Riska selesai trus gabung sama yang udah selesai di api unggun asalan. Berhubung aku kebelet pipis, aku ngajak yang lain buat balik duluan. Pas kita sampe basecamp, disana belum ada orang, wkwk. Loh loh, anak ARWACALA mana? bukanne mereka tadi udah dateng pas kita mau ke hutan? mbuhlah. Eh pas aku mbalik keruangan depan(hbspps) udah rame bingit, dan mereka(Tia, Koco, Dewa, Fathi, Dezka, Firman) udah ada. Kita Β istirahat dan makan, setelah itu kita masih ada materi TAOH(Tanaman Asli Obat Hutan) jadi selama ini aku naik gunung cuma sekedar seneng-seneng aja, tanpa melihat sekeliling, ternyata anugrah Tuhan itu melimpah. subhanallah. yeilah udah pada ngantuk aja, padahal masih ada kegiatan dilapangan, ahh jadinya ditunda deh gara-gara udah pada nglekaran, wkwk. Cus bobog cantik. Sekitar jam set,2 aku kebelet pipis, dan kebetulan Fathi bangun dan sama2 kebelet, dan skip dulu, aku gakmau mbuka aib, wkwk. Sekitar satu jam lebih aku njuk gakbisa bobok, hehe kangen seseorang nih 😦 tiba-tiba aku terbangun karena alarmku, ah masih pada tidur, lanjut tidur lagi deh. Pukul set.6 kita bangun dan persiapan kegiatan lapangan. Kali ini mau pengamatan makaka Β alias monyet ekor panjang. Sebelumnya ada pertanyaan, ”ada yang make parfum atau handbody? kalo ada saya sarankan untuk tidak ikut daripada menganggu pengamatan dan malah membuat makaka birahi karena wewangian itu” aduh mampus, barusan ane pake handbody, ha adem banget. Pie iki(?) untung aja yang bocah kuliah dan sma dipisah, omegat, yang sma cuma bocah ARWACALA πŸ˜€ jadinya kita mau praktik Metode Transek dulu soalnya mereka belum praktek(aku juga gara2 sibuk ngurus diameter-_-) dan karena handbodyku juga sihh. Oke aku skip cerita praktiknya karena aku bingung mau gimana ceritanya, tapi ada satu yang berkesan, pas aku lagi gambar pengindraan jarak jauh, kananku ada matahari, kiriku ada mbulan, depanku ada puncak merapi dan belakangku ada awan-awan yang berlarian. Sungguh, kui apik tenin πŸ˜€ trus sempet kita dijegokin belasan anjing, dan yang lari cuma aku, asem. Berkali-kali aku dimarahin mas Gedang yang mbina kita:( dah itu aja. And then, kita mbalik di pertigaan Gardu, sempet ribut gara-gara lehere Fathi ada ulet bulu, sempet juga ngerjain mas Alu yang habis ulang tahun, trus kita makan seperti kemaren. Selesai makan kita ke Hutan lagi, buat pengamatan TAOH, dan yah untuk kedua kalinya aku menyesali. Ternyata diGunung itu banyak banget tanaman yang sangat berguna, dan aku baru tau itu, huh taoi ya Alhamdulillah sih, wkwk. Boleh mbawa pulang lhoo, asalkan kita ngganti buat yang dipolybag untuk ditanam kembali. Setelah mbalik ke basecamp kita beres-beres untuk pulang. Berpamitan dengan mbak mbak dan mas mas, then pukul 12 kita otw pulang. Alhamdulillahirobbil’alamin O:) terimakasih Tuhan telah memberiku kesempatan untuk bangkit dan moveon ke ILMU πŸ™‚ ”mumpung iseh enom, ojo ngeman-ngeman nek dinggo golek ilmu sek bermanfaat” -masLukman” bye πŸ˜‰

Tinggalkan komentar